Kegiatan Pelaut Pada Saat Kapal Berlayar, berlabuh dan sandar di Dermaga

Gambar
Kapal pada saat berlayar Banyak yang bertanya pelaut itu pada ngapain aja kalau kapal sedang berlayar apa mereka santai atau sibuk bekerja atau ngapain ya?  Orang yang bekerja di laut itu akan selalu bekerja baik dalam keadaan kapal sandar berlabuh ataupun jalan karena memang sudah jadi tugas mereka lalu apa saja yang pelaut kerjakan pada saat kapal sedang sandar berlabuh ataupun sedang berlayar,berikut penjelasanya Jika kapal sedang sandar pelaut fokus dengan kegiatannya baik itu Bongkar muatan (Discharge) ataupun sedang muat(loading) terutama crew Deck Departemen yang jadi penaggung jawab pada saat kapal melakukan Bongkar ataupun muat, dan ini dilakukan secara bergantian atau sesuai jam jaga yang biasa rolingan setiap 4 jam sekali, sementara untuk crew engine departemen biasa lebih santai pada saat kapal sedang sandar mereka lebih banyak yang pesiar atau turun kedarat jika memang tidak ada pekerjaan yang benar-benar argent.  Baca Juga: Tugas dan tanggung jawab ab cook di kapal Sement

Tugas-tugas Oiler Di Atas Kapal

Tugas oiler diatas kapal

Seputar Pelaut.Oiler adalah ABK ratting yang bekerja/ber- tugas diatas kapal di bagian mesin yang bertugas membantu Masinis atau enginer,oiler biasa bertugas jaga 4 jam dan ditambah overtime 2 jam pada waktu siang,beda kalau jaga malam maka oiler tidak ada overtime.

Berikut adalah tugas tugas oiler di atas kapal

1.Cek semua area kamar mesin

Pada saat jaga terutama setelah handover jaga oiler wajib mengecek seluruh area kamar mesin,ini dilakukan agar jika ada sesuatu hal atau kejanggalan tidak saling menyalahkan dengan oiler jaga sebelumnya karena sering terjadi ada sesuatu hal misal kebocoran atau kerusakan di jam jaga oiler sebelumnya tapi karena oilernya tidak mengecek makan yang di salahkan oiler di jam jaganya tersebut,namun jika setelah handover jaga langsung di cek dan ada kejanggalan oiler di jam jaga sebelumnya masih bisa di tanyakan klarifikasinya.


2.Periksa oli mesin induk jika mesin jalan

Pada saat kapal jalan maka mesin induk akan bekerja maka tugas oiler adalah mengecek oli mesin,jika oli kurang segera di tambahkan selain oli kondisi mesin juga ikut di cek.


3.Periksa oli gnerator

Selain cek mesin induk olier juga bertuga mengecek gnerator yang sedang di jalankan mulai dari cek oli,temperatur dan kondisi mesin generator nya.


4.Cek pressure dan temperatur mesin

Cek pressure dan temperatur mesin secara berkala atau biasanya di lakukan setengah sampai satu jam sekali dan jika ada tekanan pressure atau temperatur yang tidak normal oiler akan melaporkan kepada offiicer Enginer. 


5.Cek pipa bahan bakar atau yang lainya

Oiler selain cek keadaan mesin juga bertugas mengecek pipa bahan bakar dan jika ada kejanggalan segera lapor terhadap enginer jaga agar segera di tindak lanjuti untuk di perbaiki.


Pada saat overtime oiler biasanya mengikuti mandor untuk bekerja seperti transfer oli, transfer bahan bakar, beres-beres area kamar mesin, beda lagi jika mesin rusak maka oiler biasanya kerja ekstra tidak mengenal waktu siang ataupun malam maka harus dikerjakan. 

Enaknya jadi oiler adalah dia tidak di bangunkan saat kapal OHN atau bebas pesiar pada saat kapal di pelabuha,tidak seperti orang deck yang harus standby jika kapal OHN pada saat kapal akan sandar dan lepas sandar.
Pada dasarnya tugas oiler di kapal tugboat,kapal tanker,kapal Cargo dan kapal-kapal lainnya sama saja,cuma biasanya tugas oiler di kapal tugboat ada yang merangkap sebagai koki,jika koki di kapal tugboat tidak ada.

Jadi itulah beberapa tugas oiler di atas kapal yang biasanya dilakukan jangan lupa jaga kebersihan kapal jika anda sudah bekerj diatas kapal,semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda calon oiler dan semoga anda sukses dalam bekerja serta jangan lupa menabung,sekian salam seputar pelaut.

Postingan populer dari blog ini

Tugas Dan Tanggung Jawab Koki Di Atas Kapal

Tugas jurumudi/Ab di kapal

Tugas Dan Tanggung Jawab Bosun/Deck Foreman