Kegiatan Pelaut Pada Saat Kapal Berlayar, berlabuh dan sandar di Dermaga

Gambar
Kapal pada saat berlayar Banyak yang bertanya pelaut itu pada ngapain aja kalau kapal sedang berlayar apa mereka santai atau sibuk bekerja atau ngapain ya?  Orang yang bekerja di laut itu akan selalu bekerja baik dalam keadaan kapal sandar berlabuh ataupun jalan karena memang sudah jadi tugas mereka lalu apa saja yang pelaut kerjakan pada saat kapal sedang sandar berlabuh ataupun sedang berlayar,berikut penjelasanya Jika kapal sedang sandar pelaut fokus dengan kegiatannya baik itu Bongkar muatan (Discharge) ataupun sedang muat(loading) terutama crew Deck Departemen yang jadi penaggung jawab pada saat kapal melakukan Bongkar ataupun muat, dan ini dilakukan secara bergantian atau sesuai jam jaga yang biasa rolingan setiap 4 jam sekali, sementara untuk crew engine departemen biasa lebih santai pada saat kapal sedang sandar mereka lebih banyak yang pesiar atau turun kedarat jika memang tidak ada pekerjaan yang benar-benar argent.  Baca Juga: Tugas dan tanggung jawab ab cook di kapal Sement

Selang Sebesar ANACONDA Di SBM(Single Buoy Mooring)

Sigle Bouy Mooring

SBM adalah Bouy yang di gunakan untuk bertambatnya kapal Tunker di tengah laut/lepas pantai,di SBM terdapat Tali dan selang yang berukuran cukup besar,Selang besar yang di hubungkan dengan pipa bawah laut,Selang besar tersebut biasa kami sebut dengan selang Anaconda..

SELANG ANACONDA...itulah yang biasa kami sebut pada selang yang berukuran sangat besar ini yang jika di bandingkan dengan besar selang pada umumnya..
Selang  ini adalah selang penghubung untuk kegiatan bongkar muat minyak dari kapal Tunker ke Tanki Pertamina  yang berada jauh dari lepas pantai atau di dekat Pengeboran tengah laut (Offshore)

Selang Anaconda dengan ukuran besar ini di hubungkan ke kapal yang akan Memuat atau bongkar muatan minyak ke darat melalui pipa bawah laut yang di hubungkan dengan SBM(Single Buoy Mooring) sebagi tempat mengikatkan tali atau  tempat bersandarnya kapal dengan Draff tinggi yang tidak bisa di sandarkan di pelabuhan/Jetty darat,Selang yang berukuran besar ini di hubungkan ke kapal Tunker yang akan melakukan kegiatan Bongkar Muat di Tengah laut dengan Reducer kapal sebagai penghubung.

Baca juga : Bulan Ramadhan di Kapal

Selang ANACONDA ini di ikatkan di SBM(Single Buoy Mooring)  dan di jaga dengan kapal Tugboat saat tidak ada kegiatan Bongkar muat,SBM ini juga di ikatkan kedasar laut dengan menggunakan rantai jangkar yang kuat sehingga bisa memungkinkan untuk bergerak bebas sesuai dengan batas yang di tentukan dengan mempertimbangkan kondisi alam yaitu angin,ombak,arus dan kondisi kapal yang sandar di SBM itu sendiri.

Selang Anaconda

Dan pada bagian atas SBM yang terapung di gunakan untuk mengikat tali yang terhubung ke kapal,Single Buoy Mooring ini bisa memutar yang memungkinkan kapal tersebut bisa pada posisi sesuai arus atau angin yang ada karena arus dan angin di laut seringkali berubah-ubah.

Kapal Tunker yang akan sandar di SBM biasanya di sandarkan oleh pilot/ pandu dengan di bantu  kapal Tugboat sebagai asisten untuk membantu olah gerak  kapal dan kapal Tugboat tersebut di pandu oleh pilot,setelah kapal Tunker selsai sandar kapal di jaga oleh Tugboat di buritan kapal Tunker yang berjaga agar kapal tetap dalam kondisi aman dengan SBM(Single Buoy Mooring).


Di Indonesia terdapat beberapa titik SBM yang biasa di gunakan baik di Offshore (Pengeboran tengah laut) atau di Dekat Kilang Pertmina diantara di Daerah Balongan,Tuban,Madura, Balikpapan, Cilacap, Semarang, Cengkareng,Pulau Seribu,dan Sorong Papua itu beberapa SBM(Single Buoy Mooring) yang saya tahu.

Demikian beberapa penjelasan tentang SBM semoga dapat menambah sedikit wawasan tentang apa itu Single Buoy Mooring.

Baca juga: Ternya Kapal Saat Jalan Tidak Pakai Lampu Penerang

Postingan populer dari blog ini

Tugas Dan Tanggung Jawab Koki Di Atas Kapal

Tugas jurumudi/Ab di kapal

Tugas Dan Tanggung Jawab Bosun/Deck Foreman